Di era globalisasi, tidak menguasai teknologi informasi identik dengan buta huruf.
Teknologi Informasi (TI) dan multimedia telah memungkinkan diwujudkannya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, yang melibatkan siswa secara aktif. Kemampuan TI dan multimedia dalam menyampaikan pesan dinilai sangat besar.
Dalam
bidang pendidikan, TI dan multimedia telah mengubah paradigma
penyampaian materi pelajaran kepada peserta didik. Computer Assisted
Instruction (CAI) bukan saja dapat membantu guru dalam mengajar,
melainkan sudah dapat bersifat stand alone dalam memfasilitasi proses
belajar.
Penekanan penting akan memaksimumkan sumber daya manusia di semua sektor, berarti kita akan membutuhkan sistem komunikasi yang sangat efektif.
Penekanan penting akan memaksimumkan sumber daya manusia di semua sektor, berarti kita akan membutuhkan sistem komunikasi yang sangat efektif.
Apabila
kita merespons pada kebutuhan fokus awal seharusnya lebih berdasarkan
penerimaan informasi daripada penyebaran informasi.
Hal ini hampir memutarbalikan peran jika dibandingkan dengan peran komunikasi administrasi pendidikan yang dulu.
Perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kemajuan
yang pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara
maju karma didukung oleh sistem informasi yang mapan. Sebaliknya,
sistem informasi yang lemah di negara-negara berkembang mengakibatkan
keterbelakangan dalam penguasaan.ilmu pengetahuan.dani teknologi.
Jadi
jelaslah bahwa maju atau tidaknya suatu negara sangat di tentukan oleh
penguasaan teirhadap informasi, karena informasi merupakan modal utama
dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan.teknologi yang menjadi
senjata pokok untuk membangun negara.
Sehingga
apabila satu negara ingin maju dan tetap eksis dalam persaingan
global, maka negara tersebut harus menguasai informasi.
Di
era globalisasi dan informasi ini penguasaan terhadap informasi tidak
cukup harnya sekedar menguasai, diperlukan kecepatan dan ketepatan.
Sebab
hampir tidak ada guna menguasai informasi yang telah usang, padahal
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat
mengakibatkan usia informasi menjadi sangat pendek, dengan kata lain,
informasi lama akan diabaikan dengan adanya informasi yang lebih baru.
Masukan (input) dan kontribusi langsung dari para pemegang peran (stakeholders) yang lain; siswa, orang tua dan anggota masyarakat juga memberikan informasi yang sangat membantu dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi pengembangan sekolah.
Masukan (input) dan kontribusi langsung dari para pemegang peran (stakeholders) yang lain; siswa, orang tua dan anggota masyarakat juga memberikan informasi yang sangat membantu dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi pengembangan sekolah.
Jika
obyektifitas utamanya adalah memaksimalkan pendidikan sumber daya
manusia maka hal itu telah meningkatkan hubungan komunikasi kita dengan
seluruh sektor lingkungan pendidikan dan para pemegang peran
(stakeholders).
Lagipula
kunci utama untuk meningkatkan komunikasi harus terfokus pada saling
berbagi komunikasi terbuka dan meningkatkan kesempatan untuk
mendapatkan dukungkan dari segala bidang.
Kehidupan kita sekarang perlahan lahan mulai berubah dari dulunya era industri berubah menjadi era informasi di balik pengaruh majunya era globalisasi dan informatikamenjadikan computer, internet dan pesatnya perkembangan teknologi informasi sebagai bagian utama yang harus ada atau tidak boleh kekurangan dikehidupan kita.
Kehidupan kita sekarang perlahan lahan mulai berubah dari dulunya era industri berubah menjadi era informasi di balik pengaruh majunya era globalisasi dan informatikamenjadikan computer, internet dan pesatnya perkembangan teknologi informasi sebagai bagian utama yang harus ada atau tidak boleh kekurangan dikehidupan kita.
Aktifitas
network globalisasi ekonomi yang disebabkan oleh kemajuan dari
teknologi informasi bukan hanya mengubah pola produktivitas ekonomi
tetapi juga meningkatkan tingkat produktivitas;dan pada saat bersamaan
juga menyebabkan perubahan structural dalam kehidupan politik,
kebudayaan, kehidupan sosial masyarakat dan juga konsep waktu dalam
dalam berbagai lapisan masyarakat.
Tanggung jawab sekolah dalam memasuki era globalisasi baru ini yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat kita.
Tanggung jawab sekolah dalam memasuki era globalisasi baru ini yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat kita.
Kemampuan
untuk berbicara bahasa asing dan kemahiran komputer adalah dua
kriteria yang biasa diminta masyarakat untuk memasuki era globalisasi
baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.
Maka
dengan adanya komputer yang telah merambah di segala bidang kehidupan
manusia hal itu membutuhkan tanggung jawab sangat tinggi bagi sistem
pendidikan kita untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa dan
kemahiran komputer.
0 komentar:
Posting Komentar
Komentar anda sangat bermanfaat untuk saya. Terima Kasih