Minggu, 26 Agustus 2018

MEMBACA DUNIA & MENGENAL KEHIDUPAN

Resume Materi 1 : Membaca Dunia & Mengenal Kehidupan
Disampaikan oleh : Ka M. R. Rizaldy

Allah mengkehendaki kehidupan yang baik dengan dua ciri, yaitu dimudahkan jalannya dan diberikan saudara yang shalih dan shalihah. Ada pula 3 hal yang harus dikenal didalam SEF, yaitu :
1.      Mengenal Allah
Mengenal Allah berarti memahami apa yang Allah mau dari kehidupan kita. Didalam mengenal Allah harus disisipi dengan perilaku ikhlas. Ikhlas adalah melakukan sesuatu karna Allah dan tidak ada urusannya dengan seberapa ringan atau seberapa berat. Ada tiga unsur dalam mengenal Allah yaitu; Al-Mahabbah atau Al-Hubb (kecintaan kepada Allah), Ar-Raja (pengharapan kepada Allah), dan Al-Khauf (ketakutan kepada Allah).
2.      Mengenal Diri Sendiri
Manusia dikirim ke dunia untuk menjadi khalifah. Yang disebut khalifah adalah sebagai hamba dan sebagai pemakmur bumi.
3.      Mengenal Dunia
Untuk memenangkan perlombaan yang ada di dunia, maka kita harus mengikuti aturan main yang sesuai didalam Al-Quran dan Sunnah. Di dunia terdapat “orang besar” atau biasa dikenal dengan “orang penting”. Orang dikatakan penting karena kehadirannya dirasa penting untuk orang lain. Ciri-ciri orang besar yakni:
a.      Berjamaah
Tidak ada orang besar atau orang penting yang berjalan sendirian. Pasti ada orang kepercayaannya atau orang-orang yang berperan membantunya didalam kehidupannya.
b.      Menerima Masukan
Orang besar kerap kali senang menerima masukan atau saran dari orang lain yang berguna untuk memperbaiki dirinya dimasa mendatang.
c.       Berani Mengambil Resiko
Berani berarti maju dan bergerak. Disetiap suatu pilihan pasti terdapat resiko yang akan dijalani. Apapun resiko yang akan datang, orang besar harus berani melanjutkan pilihan dan mencari cara mengatasinya.
d.      Kuat atau Berenergi
Kuat dengan cita-cita yang ia miliki dan berenergi karena gizinya (mineral, vitamin, teh, kopi) tercukupi.
e.      Punya Keresahan
Pemuda yang sehat tahu betul bahwa dunia sedang sakit. Oleh sebab itu orang besar selalu memiliki keresahan karena tahu bahwa dunia sedang sakit dan ia harus memperbaikinya.

#MujahidSEF

Visit us on social media:
Website                       : https://www.shariaeconomicforum.org/
Twitter & IG               : @KSEI_SEF
Fb/Path/Linkedin        : Ksei SEF Gunadarma
Official Linkedin        : Sharia Economic Forum of Gunadarma University
Line                             : @KSEI_SEF

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat untuk saya. Terima Kasih