Minggu, 26 Agustus 2018

MERAYAKAN DAKWAH SEBUAH PERENCANAAN HIDUP

Resume Materi 2 : Merayakan Dakwah Sebuah Perencanaan Hidup
Disampaikan oleh : Ka M. R. Rizaldy

Perlu diketahui bahwa mata uang yang paling laku untuk membeli cita-cita adalah berjuang di jalan Allah. Sesuai dengan QS. Muhammad 7 yang artinya “hai orang-orang beriman jika kamu menolong agama Allah maka Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”. Nilai adalah sesuatu yang kebenaranya kau pegang, yang kau anggap sesuatu yang baik dan benar, serta yang kau junjung tinggi. Biasanya ada yang disebut “kaum elite” yaitu kaum yang paling mau berkorban.
Ada pula syarat-syarat yang harus diyakini didalam melanjutkan dakwah yaitu dengan melihat hukum syariahnya dan hukum ilmiahnya. Apabila tidak ada keduanya maka itu bukan termasuk yang harus diyakini. Keduanya harus saling melengkapi didalam perjalanan dakwah agar dapat diterima orang awam maupun orang yang intektualnya tinggi.
Perpecahan dapat juga terjadi karena berbagai masalah, diantaranya :
1.      Moralitas
2.      Tauhid
3.      Pemahaman Agama
4.      Ekonomi
5.      Terdzolimi
6.      Kebodohan
7.      Lemah Politik

Untuk melawan perpecahan maka kita harus terus menunaikan syarat-syarat kejayaan, yakni :
1.      Kembalikan Ridho Allah
Hal ini sangat penting agar Allah terus meridhoi apapun yang kita lakukan. Mengembalikan ridho Allah dapat dengan cara terus menerus berada dijalan-Nya berlandaskan Al-Quran dan Sunnah.
2.      Persatuan atau Ukhuwah
Islam menjadikan persaudaraan sebagai dasar pada aktivitas perjuangan guna menegakkan agama Allah di muka bumi. Beberapa perpecahan terjadi karena tidak terpenuhinya persayaratan ukhuwah. Bebrapa proses terbentuknya ukhuwah islamiyah, diantaranya; Ta’aruf (Saling Mengenal), Tafahum (Saling Memahami), Ta’awun (Saling Menolong), Takaful (Saling Menanggung), Itsar (Mendahulukan Orang Lain Daripada Diri Sendiri).
3.      Kerja Keras
Setelah kedua poin diatas dapat dilakukan maka yang terakhir adalah kerja keras. Kerja keras didalam islam hampir sama dengan istilah ikhtiar. Allah akan terus melihat sejauh mana kerja keras yang kita lakukan maka Allah akan menurunkan keridhoannya untuk kita.

Spend time with people who live your values

#MujahidSEF

Visit us on social media:
Website                       : https://www.shariaeconomicforum.org/
Twitter & IG               : @KSEI_SEF
Fb/Path/Linkedin        : Ksei SEF Gunadarma
Official Linkedin        : Sharia Economic Forum of Gunadarma University
Line                             : @KSEI_SEF

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat untuk saya. Terima Kasih