Minggu, 26 Agustus 2018

SEJARAH KEMAJUAN ISLAM


Resume Materi 3 : Sejarah Kemajuan Islam
Disampaikan oleh : Ka Ashabul Kahfi

Allah merupakan dzat Yang Maha Kuasa dan Sempurna, karena Allah yang menciptakan alam semesta yang indah dan yang patut disyukuri. Emas yang kita wakafkan karena Allah tetap akan kalah dengan sedekahnya para sahabat nabi meskipun emas yang kita beri untuk dijalan Allah. Sejarah biasanya diasingkan, banyak pelajar yang tidak suka dengan pelajaran sejarah. Mereka bilang bahwa belajar sejarah membosankan, guru yang menjelaskan pun hanya menerangkan seadanya. Sebagai muslim kita harus tahu sejarah Indonesia dan sejarah Islam. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sepertiga Al-uran adalah sebuah sejarah atau sebuah kisah. Jika tidak tahu sejarah maka kita hanya seperti buih dilautan dan sampah dilautan yang terombang-ambing.
Yahudi menghancurkan islam melalui dua cara, yakni :
1.      Pendidikan
Pendidikan saat ini dimudahkan dengan teknologi, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa kecanduan teknologi juga bisa membuat pemuda menjadi hancur. Saat ini pendidikan tidak fokus mengurusi bangsa tapi fokusnya hanya menjadikan para pemuda menjadi karyawan.
2.     Sosiologi
Lemahnya sosiologi disekitae membuat hancurnya jiwa para pemuda.

Runtuhnya 30 dinasti khalifah islam disebabkan karena cinta dunia dan menjauhi jihad. Islam bukan menguasai tetapi membuka. Membuka kebodohan dan membuka kejahilan. Ada peradaban yang paling dasar yaitu mengeni arsitektur, ilmu pengetahuan, dan sosial moralitas didunia. Namun ada peradaban yang paling utama yang harus dipelajari yaitu mengenai Dzat Pencipta.
Sejarah eropa abd ke-19 pernah membahas wanita itu manusia atau bukan dan membahas kehidupan manusia. Salah satu kerusakan paling parah di abad ini adalah merendahkan wanita, menghina-hina, sedangkan islam memuliakan wanita. Contohya seperti persoalan wanita bekerja. Seharusnya, laki-lakilah yang melayani wanita, memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja mencari nafkah. Jika wanita kerja, justru itu adalah suatu kehinaan bagi islam.

Contoh peradabadan islam, yakni adanya tokoh-tokoh muslim yang menciptakan berbagai hal yang bermanfaat yang sampai saat ini masih kita pakai. Hanya sayang sekali karena tokoh-tokoh muslim ini tertutupi oleh tokoh-tokoh Eropa. Tokoh-tokoh Eropa banyak yang mengklaim bahwa itu ciptaannya padahal bukan.
-      Al-Kwarizmi menciptakan angka romawi
-      Al-Batani menciptakan petunjuk orbit agar muslim tahu waktu sholat
-     Ar-Razi adalah seorang dokter di Kuffah. Beliau menciptakan 200 alat bedah yang sampai saat ini masih dipakai.
-      Al-Ibrish merupakan penemu peta pertama di bumi (abad 2 H)

Tidak hanya para tokoh-tokoh muslim yang telah menciptakan berbagai hal yang bermanfaat, tetapi ada juga peradaban arsitektur yang tidak kalah bagus. Ada tiga perpustakaan terbaik di dunia, diantaranya :
1.     Baghdad (Baitul Al-Hikmah)
Di Baghdad ada ruangan khusus berdebat, ruang tidur, dan ruang makan. Setiap menerjemah buku disana akan dibayar dengan emas dan akan ditulis namanya. Contohnya seperti Plato, Aristoteles, dan Sukrates. Bagdad merupakan saksi dua ilmu berjaya.
2.     Kairo (Mesir)
3.     Andalusia (Cordoba)

Dahulu islam pernah berjaya, namun kini islam sedang dirundung banyak masalah dan pemudanya seperti tersihir oleh dunia. Tetapi Allah telah berjanji bahwa suatu saat nanti kejayaan islam pasti akan datang kembali. Sebagai pemuda kita harus menjadi bagian dari peradaban kejayaan islam dimasa mendatang dengan meningkatkan kualitas diri kita.

#MujahidSEF

Visit us on social media:
Website                       : https://www.shariaeconomicforum.org/
Twitter & IG               : @KSEI_SEF
Fb/Path/Linkedin        : Ksei SEF Gunadarma
Official Linkedin        : Sharia Economic Forum of Gunadarma University
Line                             : @KSEI_SEF

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat bermanfaat untuk saya. Terima Kasih